Teknik mancing casting ultralight di pantai karang dangkal agar tidak mudah nyajen

Teknik mancing casting ultralight di pantai karang dangkal agar tidak mudah nyajen
Mancing menggunkan piranti ultralight memang sedang di gandrungi saat ini, terlebih para produsen alat pancing sedang berlomba-lomba membuat alat pancing jenis ultralight ini, misal seperti produsen pancing relix mengeluarkan joran cangkek UL series, orca mengeluarkan primus UL series, storm dengan adventur UL series dan masih banyak lagi.
Saat fight menggunakan piranti ultraligh di karang dangkal
Mancing casting menggunakan piranti ultalight memang mempunyai sensasi yang berbeda, para pemancing harus mempunyai teknik khusus untuk bisa menaikkan ikan, walaupun jenis ikan dalam ukuran sedang, karena memang kategori mancing casting ultralight harus menggunakan joran maupun line/senar tidak melebihi 6 lbs, sedang maksimal drag spinning reel tidak lebih dari 3kg. Tentu itu akan sangat merepotkan jika spot mancing kita adalah di laut atau pantai berkarang dangkal, kedalaman spot antara 1 sampai 5 meter.

Baca : Mengenal mancing Ultralight Fishing yang sedang booming saat ini

Kenapa mancing casting menggunakan piranti ultralight memilih pantai berkarang dangkal? Karena disitu adalah habitat ikan-ikan rakus seperti jenis kerapu/grouper, maupun kakap atau keluarga snapper, tentunya dengan kita memancing casting di spot karang dangkal potensi kita akan semakin banyak sambaran atau strike. Dan semakin banyak strike biasanya kita pun akan semakin banyak nyejen lure atau minnow, baik karena lure atau minnow kita nyangkut atau kegesek karang maupun senar putus karena tarikan ikan, tapi umumnya umpan kita nyajen karena nyangkut dan kegesek karang.
Berikut beberapa tips mancing casting ultralight di karang dangkal agar kita dapat meminimalisir nyajennya lure atau minnow kita :
  • Pahamilah spot mancing yang akan anda pancingi, baik dari kontur karang, arus air maupun ombaknya.
  • Saat mancing casting dengan piranti ultralight usahakan jangan menutup drag spinning spenuhnya, karena kita harus berjaga-jaga jika umpan kita disambar ikan besar, jadi senar tidak langsung putus. Umumnya drag spinning menutup ¾ (atau sesusi selera).
  • Gunakan shockleader jenis fluoro carbon, karena jenis ini lebih kaku/atau keras tentunya tidak mudah kusut jika sering nggesek karang. Panjang shockleader sesuai selera, tapi umumnya setengah dari panjang joran, karena jika terlalu panjang akan mengganggu laju lure saat kita cast atau melempar umpan, tentunya jarak lempar jadi kurang maksimal dan akurat.
  • Jika memakai umpan minnow, gunakan minnow type floating dengan kedalam menyelam kurang lebih 50 cm, atau bisa menggunakan mini popper. Kenapa memakai minnow floating? Karena itu minnow yang paling aman menurut saya, sebab saat kita cast atau melempar kita tidak terburu-buru untuk menggulung reel, karena saat reel tidak digulung minnow jenis ini akan tetap mengapung, jikapun kita akan memainkan minnow floating dengan cara di jerk atau hentak pelan-pelan pun akan sangat aman. Beda cerita jika kita menggunakan lure sinking ataupun mini spoon kita akan selalu terburu-buru menggulung reel belum lagi kalau senar PE kita kusut
  • Ganti jenis pancing treble hook dengan jenis single hook khusus minnow (jenis pancing ini beda dengan single hook untuk mancing konceran). Kenapa harus pancing single hook? Karena jenis mata pancing ini paling aman untuk digunakan pada spot karang dangkal, tidak mudah nyakut seperti menggunakan trebel hook dengan catatan saat memasang single hook minnow mata kail harus menghadap ke atas, baik pancing depan maupun belakang. Jika memakai pancing single hook khusus minnow 80% nyajen karena line break atau senar putus, bukan karena nyangkut di karang. Nyajen nyangkut itu memalukan kawan 😠😠😠


Pancing jenis single hook khusus minnow agar tidak mudah nyajen
Demikian artikel cara mancing casting ultralight di pantai karang dangkal agar tidak mudah nyajen ini, semoga membatu dan menambah wawasan mancing ultralihgt kita bersama.
Sumber : Pengalaman pribadi

Salam mancing
Hormat saya
Si penghobi mancing

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknik mancing casting ultralight di pantai karang dangkal agar tidak mudah nyajen"

Posting Komentar