Teknik Mancing Casting dengan Piranti Ultralight Fishing

Teknik Mancing Casting Dengan Piranti Ultralight Fishing

Teknik Mancing Casting Dengan Piranti Ultralight Fishing akan sangat membantu para penggemar memancing. Ultralight fishing atau UL sendiri istilahnya sering didengar, tapi banyak yang belum paham dengan teknik yang menggunakan ultralight fishing.
Ultralight fishing juga sudah beberapa tahun ini disukai oleh para angler yang ada di Indonesia dan pada umumnya menargetkan ikan kecil atau dengan membuat pemancing menjadi lebih aktif. Animo angler untuk mencoba dan menekuni UL fishing juga cukup tinggi, banyak komunitas dari beberapa jejaring sosial seperti Facebook dengan anggota yang cukup banyak.
Teknik Mancing Casting Dengan Piranti Ultralight Fishing


Pengertian Piranti Ultralight Fishing
Piranti ultralight fishing biasanya digunakan dengan teknik casting dan dengan ukuran piranti kecil dan ringan para angler dapat merasakan sensasi fighting yang sangat luar biasa, terutama saat bertarung dengan ikan yang kapasitasnya melebihi dari pirangti yang digunakan.
Ultralight fishing ini juga menggunakan UL-Spin atau spinning reel dengan beberapa angler yang menggunakan bait casting reel atau BFS. Piranti ultralight fishing juga memiliki spesifikasinya sendiri.

Baca : Teknik mancing casting ultralight di pantai karang dangkal agar tidak mudah nyajen

Ada juga beberapa pemancing yang bingung menentukan batas ukuran maksimum lbs untuk ultralight ini dan membuat mereka menjadi sulit untuk menemukan ukuran tackle yang seimbang atau balance saat menggunakan teknik mancing casting dengan piranti ultralight fishing.
Spesifikasi Ideal Ultralight Fishing
Untuk spesifikasi ideal, ultralight sendiri tidak memiliki batas minimum tapi memiliki batas maksimal sampai dengan 6 lbs. Mulai dari:
  • Rod maksimal 6Lb
  • Reel kelas 500-1000 untuk UL-Spin
  • Reel kelas 50-100 untuk BFS
  • Leader untuk kelas ultralight
  • Line maksimal 6 LB Mono
  • Lure maksimal 7gr untuk UL-Spin & BFS
Pada ukuran ideal Rod Ultralight tidak lebih dari 6 lbs, Light atau L tidak lebih dari 8 lbs, medium tidak lebih dari 14 lbs, MH atau medium-heavy tidak lebih dari 20 lbs, heavy tidak lebih 30 lbs, Extra heavy tidak melebihi 50lbs dan Ultra-heavy lebih dari 50lbs.

Ada juga beberapa teknik mancing casting dengan piranti ultralight fishing, dengan cara line, leader, lure. Lure juga masih terdiri dari tiga type. Seperti Floating, Sinking dan suspending.
Cara menggunakannya dengan menyertakan ukuran poundage rod yang kekuatannya maksimal, line tidak sesuai dengan ukuran sebenarnya. Jika poundage joran lebih dari yang seharusnya, maka daya redam tidak akan maksimal dan line menjadi korban dari daya kejut akibat tarikan ikan.

Keuntungan Setting Drag Saat Memancing
Setting drag sangat berperan, terutama sebagai sikring atau kelistrikan. Setting drag ini juga harus dilakukan dengan benar, dengan begitu dapat mengurangi risiko dari rod yang patah atau line menjadi putus tapi bukan karena gigitan ikan atau gesekan.

Jika ikan sampai menyambar lure dengan kemampuan lebih dari rod dan line. Maka line akan keluar dari spool rel, tapi jika ikan menyambar lebih dari kapasitas tackle yang digunakan dengan line out hal ini bukan kesalahan tapi kekalahan terhormat.

Baca : Cara agar sukses mancing ikan cumi

Solusi dari setting drag dengan mengetahui produk atau alat pancing yang berkualitas. Contohnya dengan menggunakan rod 6 lb di setting dengan angka 0.8 kg maka rod tidak akan mampu meredam secara maksimal. Apalagi saat terjadi hentakan, poundage rod menjadi tidak sesuai dengan ukuran yang ada.

Begitu juga dengan teknik mancing casting dengan piranti ultralight fishing pada line yang kita set dengan angka 0.8 kg, kemudian putus. Maka breaking strength tidak akan sesuai.

Salam mancing
Hormat saya
Si penghobi mancing

Video mancing casting dengan piranti pancing ultralight


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Teknik Mancing Casting dengan Piranti Ultralight Fishing"