Mengenal mancing Ultralight Fishing yang sedang booming saat ini

Fight dengan ikan menggukan piranti pancing UltraLight
Mengenal mancing Ultralight fishing yang sedang booming saat ini sangat membantu orang-orang yang memiliki hobi memancing. Istilah ultralight fishing juga sudah cukup sering kita dengar akhir- akhir ini, Ultralight atau biasa disebut dengan UL.

Namun dalam hal ini banyak pemancing yang masih belum sepenuhnya memahami teknik yang menggunakan piranti yang disebut ultralight fishing tersebut. Ultralight fishing sendiri artinya menggunakan piranti kelas ringan atau piranti kecil. Biasanya digunakan untuk menargetkan ikan dengan ukuran yang lebih kecil.

Memancing dengan ultralight fishing juga bukan hal baru di luar negeri, tapi di Indonesia baru saja menjadi trend. Terutama dengan banyaknya spot yang dapat diaplikasikan menggunakan teknik ini.

Mengenal mancing Ultralight Fishing yang sedang booming Saat Ini

Teknik Mancing Ultralight Fishing
Sudah selama 2 tahun terakhir, settingan piranti untuk memancing yang perkembangannya sangat pesat. Piranti tersebut merupakan ultralight fishing yang masuk dalam kategori Medium-Heavy dan biasa digunakan oleh seorang angler.

Baca juga : Teknik Mancing Casting dengan Piranti Ultralight Fishing

Nama ultralight fishing ini diambil pada penggunaan piranti untuk memancing yang peralatannya masih tergolong ringan dan kecil. Dalam 2 tahun terakhir banyak keinginan angler yang semakin besar untuk memiliki peralatan tersebut.

Nama ultralight sendiri sudah terkenal di Eropa, karena termasuk kategori dalam kelas ringan. Piranti tersebut juga sudah banyak di produksi di Jepang dan banyak istilah untuk teknik memancing yang menggunakan piranti tersebut.

Contohnya seperti ultralight fishing yang menggunakan spinning reel, BFS dan bat casting reel. Meskipun dikhususkan untuk piranti kecil, sensasi mengenal mancing ultralight fisihing yang sedang booming saat ini dapat dirasakan jika kita fight dengan ikan yang kapasitasnya lebih dari piranti yang digunakan.

Hasil mancing casting dengan pirabti pancing UltraLight
Setting piranti atau alat pancing untuk Ultralight Fishing

Untuk setting piranti pancing ultralight memiliki spesifikasi sendiri, rods atau joran ultralight fishing idealnya memiliki kekuatan maksimal 6 lbs dan panjangnya 1.8 - 2.1 meter. Sedangkan :
Reel 500-1000
Line tipe braided atau mono 6 lbs
Line diameter 0.08mm
Leader 8-12 lbs jenis fluoro carbon
Lure tidak lebih dari 7 gr

Untuk memancing dengan piranti UL ini juga bisa diterapkan pada banyak teknik memancing. Mulai dari perairan laut atau darat, tapi yang paling mudah di tengah laut dan tantangan yang ada juga akan semakin bertambah.

Baca Juga : Teknik mancing casting ultralight di pantai karang dangkal agar tidak mudah nyajen

Spot yang dapat menggunakan teknik ultralight fishing sendiri di Indonesia sudah cukup banyak. Mulai dari sungai, rawa, tepi pantai dan karang dangkal yang dapat dilakukan dengan adanya perahu. Dengan mengenal mancing ultralight fisihing yang sedang booming saat ini spesifikasi yang dapat dijadikan acuan dasar untuk mancing ultralight fishing 2 lb sampai 6 lb.
Istilah-istilah Dalam Dunia Memancing

Untuk istilah dalam dunia memancing sendiri cukup banyak, mulai dari angler, big game fishing tournament, backlash, billfish, bait finesse, reel BC dan black marlin dan blue marlin.
Ada juga istilah boncos, catch & release, drag, fishing boat, formasi, galatama, hook, hook up, hand line IGFA dan banyak lagi yang lainnya.

Angler memiliki arti pemancing, sedangkan big game fishing tournament merupakan turnamen dengan ikan besar yang dilakukan di laut yang dalam dengan sasaran ikan jenis marlin. Bait Finesse atau BFC adalah istilah pada pengguna reel bait casting tapi dengan piranti yang kapasitasnya ringan.
Untuk black marlin dan blue marlin merupakan istilah dari hasil mengenal mancing ultralight fisihing yang sedang booming saat ini untuk sebutan jenis ikan. Pada black marlin merupakan marlin hitam, setuhuk dan Makaira indica. Tapi untuk blue marlin merupakan makaira nigricans.

Salam mancing
Hormat saya
Si penghobi mancing

Video mancing menggunakan teknik UltrLight Fishing


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal mancing Ultralight Fishing yang sedang booming saat ini"