Cara menentukan spot mancing ikan hampala yang jitu

Cara menentukan spot mancing ikan hampala yang jitu cukup mudah, hal ini dikarenakan ikan hampala merupakan ikan yang biasanya hidupnya di sungai, waduk, maupun danau. Habitat ikan hampala sangat suka di sungai yang memiliki aliran air deras dan tidak terlalu dangkal, cekungan sungai yang berbatu maupun pohon yang tumbang di sungai biasanya menjadi favorit jenis ikan yang satu ini. Saat hidup di danau, ikan ini biasanya suka berkumpul di dekat tempat yang punya gundukan pasir, kerikil atau batuan karena di tempat itulah ikan ini mencari makanan mereka.

Ikan yang juga disebut dengan ikan palung ini memiliki tubuh yang hampir sama dengan ikan Mas. Bedanya yaitu ikan hampala punya mulut yang lebih lebar sehingga tentunya mudah ditangkap. Ikan ini juga biasanya punya sisik yang berwarna hitam mengkilat mulai dari ujung ekor hingga ke perut bagian bawah. Namun warna ini tidak akan ditemukan pada ikan hampala dengan berat di bawah satu kilogram.

Jika diperhatikan lebih seksama, maka mulai ekor hingga tubuhnya ditemukan seberkas garis berwarna hitam yang unik, selain memiliki gigi. Untuk mulut ikan yang lebar, maka jika dilihat dari samping akan adanya bukaan mulut hingga di bawah matanya. Panjang ikan ini 10-20 cm, namun bisa juga mencapai 80 cm dengan berat enam kilogram lebih.

Cara menangkap Ikan Hampala dengan Mudah 

Umpan Jitu 
Cara menentukan spot mancing hampala yang jitu yang pertama tentunya tetap harus memperhatikan jenis umpan yang digunakan. Perlu diketahui bahwa ikan ini suka makan serangga dan udang-udang kecil. Ikan hampala yang masih kecil ukurannya, biasanya suka berenang di permukaan air dengan cara hidup berkelompok untuk menuju ke hulu sungai, waduk, atau danau.

Baca : SBM Cilacap, spotnya para penakluk monster

Untuk contoh umpan yang bisa digunakan lainnya misal, aneka jenis cacing dan ulat, ikan berukuran kecil misalnya anak ikan mas, wader, uceng, tawes, hingga munjaer, lalu udang kecil atau besar hingga aneka jenis serangga dari jangkrik hingga kecoa, bahkan anak katak dan laba-laba.
Bahkan untuk memancing ikan ini juga bisa menggunakan umpan tiruan atau lure, misalnya, minnow, popper, spoon, spinner, pencilbait, flies, stickbait, crank bait, hingga umpan buatan model spinner. Untuk umpan yang paling jitu bisanya menggunakan model crank bait maupun stickbait wtd yang ukurannya sekitar empat hingga tujuh centimeter.

Teknik Yang Jitu 
Cara menentukan spot mancing ikan hampala yang jitu yang berikutnya tentu juga harus dengan teknik yang tepat. Hal ini dikarenakan ikan hampala dikenal sebagai jenis ikan yang mempunyai tenaga kuat. Bahkan bisa dibuktikan saat mulut ikan ini tersangkut, maka ia akan terus berenang untuk melakukan perlawanan agar bisa meloloskan diri.
Oleh karena itu ada beberapa teknik yang bisa dilakukan dalam memancing ikan hampala ini, misalnya casting, pelampung/gantung, flyfishing, hingga glosor/dasaran. Agar lebih mudah, untuk stik joran sebaiknya menggunakan yang memiliki panang 180 hingga 210 cm.

Mengenali Habitat dengan Jitu 
Cara menentukan spot mancing hampala yang jitu tentunya dengan mengenal habitat atau tempat tinggal ikan hampala ini dengan tepat. Perlu diketahui bahwa ikan yang satu ini suka tinggal di sungai yang beraliran deras, namun yang memiliki tepian dangkal dan berpasir. Lokasi semacam itu adalah favorit ikan palung ini.

Baca : Sensasi strike mancing ikan cendro di pantai Selok Pipa Nusakambangan

Hal ini dikarenakan pada lokasi semacam itu, ada banyak ikan kecil ikan kecil makanan ikan hampala. Juga ada banyak makanan lainnya yang hanyut ke sana sehingga ikan hampala akan betah berlama-lama tinggal. Ikan ini juga suka berada di waduk atau danau, terutama yang berbasir atau memiliki banyak kerikil dan bebatuan.

Demikian Cara menentukan spot mancing ikan hampala yang jitu. Tentunya jangan lupa memperhatikan cuaca sekitar dan alat yang tepat untuk memancing ikan yang satu ini. Sehingga strike yang diharapkan akan terwujud.  

Salam mancing
Hormat saya
Si penghobi mancing

Subscribe to receive free email updates: