Cara mancing ikan kiper cepat dapat banyak

Ikan kiper atau ikan kitang dengan nama latin Scatophagus argus ini adalah masih family dengan ikan baronang ini adalah ikan herbivora atau pemakan tumbuhan, tapi ikan kiper ini pada kenyataanya juga bisa dipancing dengan umpan udang kupas. Jangan diragukan kelezatan daging ikan kiper ini, rasanya yang khas lembut, empuk dan gurih membuat ikan ini banyak di buru oleh para pemancing pinggiran. Ikan yang berwarna tutul tutul ini terkenal mempunyai racun yang tinggi, racun itu terletak di duri sirip punggungnya, hati-hati jika memancing ikan kitang atau kiper ini, racunnya bisa menjangkit tubuh kita hingga 24 jam.
Habitat ikan kiper atau kitang biasanya ada di pilar-pilar dermaga, pemecah ombak, tepi hutan bakau bahkan saya pernah mendapatkan ikan kiper di sungai air tawar yang terhubung ke laut. Ikan kiper atau kitang sangat menyukai habitat yang mempunyai lumut atau tumbuhan dalam air lainnya.
Mancing ikan kiper atau ikan kitang memang sangat mengasikan, jika menggunakan alat pancing kelas ringan atau light tackel tentu ini akan menjadikan sensasi yang luar biasa. Ikan kiper atau ikan kitang itu tak mudah menyerah saat terkena mata pancing, badannya yang pipih dan lebar membuat tarikan semakin menyenangkan karena ikan kiper akan terus melawan.

Diperairan laut Cilacap khususnya sangat banyak spot mancing ikan kiper baca : Informasi spot mancing di sekitaran laut Cilacap karena kota Cilacap memang sebagian wilayahnya didominasi oleh laut. Jadi urusan spot mancing ikan kiper sangatlah mudah, tinggal pergi ke pantai Teluk Penyu, atau ke dermaga-dermaga penyeberangan di kota cilacap kita sudah bisa mancing ikan kiper dengan mudah.

Teknik mancing ikan kiper atau kitang di dermaga:
Kali ini saya akan berbagi teknik mancing ikan kiper atau kitang yang biasa saya gunakan, umumnya teknik mancing kiper ada dua yaitu menggunakan joran tegek dan menggunakan joran serta spinning reel ukuran ringan atau light tackle. Kenapa saya tidak mengulas mancing ikan kiper menggunakan joran tegek, karena saya memang tidak begitu menguasainya, sebab di daerah saya rata-rata spot mancing ikan kiper paling banyak di dermaga atau pemecah gelombang yang notabene airnya sangat dekat dan persisnya ikan berada di bawah kita. Untuk memancing ikan kiper atau kitang saya biasa menggukan alat pancing kelas ringan dengan spesifikasi :
Joran : ukuran 2-5 lbs
Panjang joran : 120 cm
Reel : ukuran 800 - 2000
Line : 0.18 – 0.22 mm
Timah : 5 gram (atau menyesuaikan arus)
Kail : nomor 5-7
Cara 1 : Teknik mancing ikan kiper ini cocok untuk mancing dengan umpan adonan terigu maupun mendoan, atau juga bisa menggunakan umpan udang kupas. Cara 1 bisa juga menggunakan teknik pelampung, susahnya menggunakan pelampung adalah harus di sertai joran yang panjang, kita juga tidak leluasa menggeser-geser pancing ke pinggir pilar atau tiang-tiang dermaga. Saya biasa menggunakan teknik ini jika ingin mancing iseng saja, atau sekedar mengisi waktu luang.

Cara 2 : Teknik mancing ikan kiper yang paling sering saya gunakan jika ingin mancingnya ngomset banyak. Ketika air sedang bagus dan ikan mau makan saya bisa mendapatkan 5 – 7 kg, bahkan teman senior saya bisa mendapatkan 10-15 kg, dengan catatan keadaan maupun arus air sedang bagus dan tentunya lokasi atau spot sangat berpengaruh. Umpan yang saya gunakan adalah udang kupas di potong-potong untuk umpan di mata pancingnya, dan umpan andem atau umpan bom untuk mengumpulkan ikannya. Umpan andem terbuat dari adonan terigu, margarin dan bahan lainnya atau sama persis dengan umpan untuk mancing belanak. Dengan adanya umpan andem ikan akan selalu betah di situ. Tanda-tanda ikan kiper sudah ngumpul adalah ketika umpan andem berputar-putar. Kedalaman spot yang biasa saya pancingi sekitar 7 sampai 10 meter, umumnya kedalaman umpan andem atau umpan bom 3 – 4 depa atau 4 – 5 meter. Ketika kita memancing menggunakan cara ini, umpan andem dan umpan di mata kail harus sejajar, sebab jika kedalaman berbeda sedkit saja terkadang ikan tidak mau makan. Maka ketika umpan andem masih berputar tetapi ikan tidak mau makan umpan yang ada di mata kail, kita harus mengecek ulang kedalaman umpan andem dan umpan utama yang ada di mata kail kemudian sejajarkan stoper yang ada di senar kail dan senar umpan andem.
Waktu yang tepat mancing ikan kiper adalah saat air mulai naik (angkatan pasang) dan air mulai turun (angkatan surut), biasanya ikan kiper akan berhenti makan jika air pada posisi paling tinggi dan paling rendah.

Demikian artikel tentang teknik mancing ikan kiper atau kitang ini, tentu artikel ini sangat banyak kekurangannya. Dan teknik mancing di setiap daerah tentu berbeda-beda sebab beda spot, beda habitat dan tentu akan berpengaruh pula dengan pola karakter ikannya. Belum tentu teknik mancing yang saya pakai akan cocok di gunakan di spot lain.

Salam mancing, tentunya mancing ngga harus mahal.

Hormat saya
Si penghobi mancing
video mancing ikan kiper



Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Cara mancing ikan kiper cepat dapat banyak"

  1. Terimakasih infonya sangat menarik. http://bit.ly/2vplrBi

    BalasHapus
  2. Terimakasih infonya. Sangat membantu. Jangn lupa kunjungi kami juga http://bit.ly/2wbyDdn

    BalasHapus