Pantai Kali Kencana surga yang tersembunyi di pulau Nusakambangan

Pantai Kalikencana Nusakambangan Cilacap
Pantai Kalikencana berpasir putih
Bicara pantai di Kabupaten Cilacap memang tidak ada habisnya, apalagi di sepanjang pulau Nusakambangan, masih banyak sekali pantai yang masih tersembunyi. Kali ini saya akan menceritakan pantai yang jarang tersentuh oleh wisatawan, yaitu pantai Kali kencana.


Pantai Kali Kencana layak mendapatkan julukan salah satu hidden paradisenya pantai yang ada di Nusakambangan. Karena pantai ini begitu indah dan alami, sebab ngga banyak wisatawan yang menuju ke pantai ini dikarenakan medan menuju pantai ini lumayan berat, naik turun bukit Nusakambangan, perjalanan umumnya di tempuh dengan waktu 2 sampai 2,5 jam. Saya menuju ke pantai ini jelas akan memancing, karena itulah hobi saya. Saya berangkat ramai-ramai dengan teman-teman pemancing dari Cilacap yang tergabung dalam group Facebook : Laskar Mancing Mania Cilacap (LMMNC)

Rute atau jalur menuju pantai Kali Kencana Nusakambangan
Untuk menuju pantai Kali Kencana umumnya awal perjalan di mulai dari pantai Teluk Penyu Cilacap, yaitu dengan perahu jukung (katir) jasa penyeberangan wisata Nusakambangan timur, kemudian nyebrangi selat Nusakambangan menuju pos bodol Nusakambangan, tepatnya di sebelah selatan sandaran kapal tanker Pertamina Areal 70 Cilacap. Untuk menyeberang ke selat Nusakambangan membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit dengan ongkos jasa perahu sekitar Rp.20.000/orang (2019). Sebenarnya Rute menuju ke pantai Kali Kencana ada 2 jalur, yang pertama dan pada umumnya lewat pos bodol dan daerah aseman, untuk daerah aseman letaknya tidak terlalu jauh dari pos bodol, hanya saja kalau lewat rute aseman perjalanan akan semakin jauh namun tidak begitu menanjak, karena rute aseman biasanya untuk jalur angkutan hasil panen para petani maupun penyadap/deres nira kelapa. Walaupun di titik awal perjalanan menuju pantai Kali Kencana berbeda jalur namun di tengah perjalanan dua jalur tadi akan bertemu, dan menjadi satu jalur.
Gliger atau Nggliger adalah area bekas benteng atau sel penjara pada masa kolonial di Nusakambangan
Pemandangan selama perjalanan menuju Kali Kencana
Kali ini saya akan  lewat rute pos bodol Nusakambangan, yang mana jalur ini lebih cepat akan tetapi tanjakan perbukitannya lumayan tinggi. Dalam perjalanan menuju pantai Kali Kencana Nusakambangan akan melewati beberapa tempat atau spot yang sangat menarik, pertama melewati bekas perkebunan coklat atau kakao sisa-sisa masa kolonial, puing bangunan bekas benteng dan lapas pada masa kolonial tempat ini biasa di sebut “Nggliger” atau “Gliger”, perkebunanan, menyusuri sungai berbatu dan lain lain.


Karakter pantai Kali Kencana
Pantai Kali Kencana berbentuk cekungan dalam yang tidak terlalu besar berkarakter karang di sisi kiri dan kanan, serta berpasir putih ini sangat cocok kegiatan memancing, camping, trekking dan lain-lain. Di pantai ini juga ada air terjun atau curug di sisi sebelah kanan, akan tetapi jika musim kemarau air terjun ini akan kering. 
Pantai Kalikencana dari sisi barat
Di pantai ini juga terdapat beberapa gubuk untuk sekedar menginap atau bermalam yang dibangun oleh para pemancing dan nelayan udang lobster atau mengkara yang aktif menghuni di pantai Kali Kencana ini, jika butuh infomasi lebih lebih tentang pantai Kali Kencana silahkan beramah-tamah saja dengan para nelayan lobster. Berhati-hatilah di pantai ini karena karakter pantai di laut selatan adalah gelombangnya kadang sangat besar.

Tips sebelum menuju ke pantai Kalikencana Nusakambangan
  • Siapkan fisik dan mental agar nanti tidak ada kendala dalam perjalanan
  • Jangan berkata kotor di tengah hutan Nusakambangan
  • Gunakan alas kaki yang nyaman, saya sarankan memakai sepatu karet, agar nanti saat menyusuri sungai tidak licin, Jika ingin lebih aman gunakan sepatu boot agar meminimalisir dari gangguan hewat seperti ular, kalajengking dll.
  • Bawalah bekal secukupnya, agar tidak memberatkan bawaan, masalah air bersih di pantai Kali Kencana masih sedikit melimpah.
  • Bawa juga lotion anti nyamuk serta P3K
  • Mintalah nomor telfon atau HP perahu jasa penyeberangan agar saat pulang mudah untuk komunikasi
  • Bila bermalam di gubuk pemancing ataupun nelayan lobster setelah memakai harap dirapihkan kembali dan jangan merusak apapun, sebab tau sendiri betapa susahnya membangun gubuk di tengah hutan dan juga membangunnya dengan biaya patungan.
Spot mancing pasiran di pantai Kalikencana

Lihat juga video perjalanan menuju ke pantai Kali Kencana Nusakambangan Cilacap




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pantai Kali Kencana surga yang tersembunyi di pulau Nusakambangan"

Posting Komentar