Pantai Kali Empat : Surga kecil di selatan Nusakambangan

Kenapa pantai Kali Empat (warga lokal menyebut kali papat) layak disebut surga kecil, karena memang pantai kecil ini sangat menawan tetapi tersembunyi dibalik selatan pulau Nusakambangan bagian timur. Saya sendiri sudah puluhan kali mengunjungi pantai Kali Empat ini untuk sekedar trekking maupun memancing bahkan menginap di pantai ini namun tidak pernah merasa bosan, tempatnya yang sunyi, indah dan berpasir putih serta hamparan karang yang luas membuat saya enggan beranjak dari pantai ini, apalagi bila pagi hari kicauan burung burung liar yang merdu menambah ke eksotisan pantai Kali Empat yang indah ini. Bila laut sedang surut kita bisa berjalan jalan ketengah pantai berkarang dangkal dan kita pun bisa menemukan berbagai jenis hewan laut yang hanya bisa kita temukan ketika air sedang surut. Bagi anda yang suka camping maupun memancing pantai Kali Empat sangatlah cocok untuk menyalurkan hobi anda. Pantai Kali Empat juga biasa disebut pantai Kalipat oleh beberapa wisatawan dan pemancing.
Pantai Kali Empat Nusakambangan
Bentangan pantai Kali Empat tidaklah terlalu panjang +500 meter, sebagian berpasir dan sebagian berkarang dangkal. Dipantai Kali Empat jika cuaca sedang cerah kita pun bisa menikmati matahari terbenam/sunset dengan sempurna. Pantai Kali Empat Nusakambangan secara administrasi terletak di kelurahan Tambakreja, Kecamatan Cilacap selatan, tetapi pengelolaan pulau Nusakambangan sepenuhnya ditangani oleh Kementerian Hukum dan HAM. Pemerintah daerah Kabupaten Cilacap hanya mengelola sebagian kecil obyek wisatanya saja.


Perahu penyeberangan wisata ke pulau Nusakambangan timur
Pantai Kali Empat pernah beberapa kali ditutup untuk umum, tapi hanya sesaat. Biasanya karena ada korban yang hilang/tenggelam, baik pemancing maupun wisatawan dan saat akan ada eksekusi narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan. Sebenarnya pantai Kali Empat itu terbuka untuk masyarakat umum maupun bukan pun saya kurang paham, sebab bila memang terbuka untuk umum tapi tidak ada ijin khusus ataupun loket karcis masuk, tetapi bila tempat ini tertutup untuk umum, nyatanya tidak ada larangan tertulis masuk kecuali ada peringatan khusus.
Jungle Trek  pulau Nusakambangan menuju ke pantai Kali Empat
Asal mula nama pantai Kali Empat saya kurang begitu paham, setahu saya jika melihat kondisi pantai yang ada, memang ada beberapa sungai kecil (bisa disebut kolam) dari bibir pantai langsung tembus ke laut lepas, kolam ini sangat berbahaya, sebab sudah ada beberapa korban baik pemancing mapun wisatawan tenggelam dan terseret ke laut lepas. Jika kita mengunjungi pantai ini jangan terkecoh dengan keindahan pantainya saja, jika kita ingin berenang dan belum tau seluk beluk Kaliempat, maka pahamilah keadaan air laut di sana, paling tidak tanyalah pada pemancing maupun nelayan pencari lobster, sebab jika kita kurang waspada pantai ini sangat berbahaya. Tempat yang sering memakan korban adalah sungai yang ada sebelah utara ketika kita baru sampai dititik lokasi pantai Kaliempat, sungai atau kolam ini biasa disebut oleh pemancing kolam pandesolang. Karena di sungai ini biasanya ombak air laut yang datang dari laut lepas akan memenuhi seluruh pantai, dan air laut akan kembali menuju ketengah laut tetapi semua air terkumpul di kolam ini, sebab kolam ini lebih dalam dari permukaan pantai sehingga seolah olah air laut tersedot kekolam ini dan menuju ke laut lepas.
Papan penunjuk arah Pantai Kali Empat
Jika kita berwisata ke pantai Kali Empat jangan lupa membawa perbekalan yang cukup, karena di pantai ini memang tidak ada yang berjualan makanan dan minuman. Akses jalan menuju ke pantai Kali Empat pun bisa dibilang gampang-gampang susah, jika lewat darat hanya bisa ditempuh jalan kaki saja dan jalurnya pun berbatu, berkelok-kelok dan ekstra nanjak dan turun, bisa sih lewat jalur laut, tapi kocek yang dirogoh cukup mahal bisa sampai 300-400ribuan /perahu karena bila menggunakan perahu harus memutari pulau Nusakambangan timur dahulu, itupun kalau cuaca memadai. Perjalanan darat ditempuh kurang lebih 1 jam, bagi yang terbiasa paling sekitar 40 menit dengan jarak + 1,5 - 2 km.
Jika air pantai Kali Empat sedang surut kita akan di suguhi pemandangan pelataran batu karang yang sangat luas, kita pun bisa berjalan ke tengah pantai dan kita akan menemukan banyak sekali jenis hewan laut diantaranya yaitu keong mata lembu, jenis keong ini bila dimasak sangat lezat walaupun tanpa bumbu. Tapi keong ini hanya bisa didapatkan bila air sedang surut, sebab jenis keong ini berada agak jauh dari pantai. Oh ya jika mengambil keong mata lembu seperlunya yah, sebab keong jenis ini sudah mulai langka


Keong mata lembu pantai Kali Empat
Rute Pantai Kali Empat:
Menuju pantai Kali Empat sangatlah mudah, dari arah manapun semua tertuju ke pantai teluk penyu cilacap, dari teluk penyu kemudian menuju pertamina areal 70 tepatnya disekitaran lokasi obyek wisata benteng pendem, disitulah banyak sekali tukang perahu yang menyediakan jasa penyeberangan ke pulau Nusakambangan timur, biayanya penyeberangan lumayan murah hanya Rp.15.000 - 20.000 PP, kalau dikasih harga lebih dinego aja yah, dan waktunya pun tidak dibatasi, biasanya kalau belum pernah berlangganan sih di kasih nomer HP sama tukang perahunya biar mudah untuk komunikasi jemputannya. Kendaraan bisa diparkir di  tepi pantai dititipkan sama tukang perahunya, atau kalau kurang yakin bisa juga diparkir di areal parkir wisata Benteng Pendem. Dari pantai areal 70 kita akan menyeberang menuju Nusakambangan timur tepatnya dermaga Karangtengah kurang lebih 10-15 menit tergantung cuaca. Ketika kita sampai sampai di dermaga Karangtengah perjalanan menuju pantai Kali Empat dimulai, jalanlah menuju ke timur mengikuti jalan yang ada sekitar 200 meter kemudian belok kanan dan menanjak membelah Nusakambangan, ketika kita sampai dipuncak tanjakan (tanjakan terakhir) kemudian jalan akan turun terus, turunlah mengikuti jalan yang ada + 300 m hingga sampai pada jalan yang rata tanpa tanjakan dan turunan, disitu kita akan menemukan 2 jalan setapak yang ke kiri menuju pantai Karangbandung, dan maju sekitar +50 m ada belokan jalan setapak ke kanan yang menuju pantai Kaliempat. INGAT ! Ambil jalan setapak yang ke kanan, kalau yang lurus adalah jalan menuju mercusuar Cimiring. Turunlah mengikuti jalan setapak yang ada hingga melewati kali kecil, ketika jalan setapak sudah mulai rata dan tanahnya sedikit berpasir, itu tandanya pantai Kali Empat sudah dekat. Dan capai anda akan segera terbayar dengan keindahan pantai Kaliempat.
View Pemandangan Pantai Kali Empat Nusakambangan
Saran; jika anda belum pernah mengunjungi pantai Kaliempat, sangat disarankan membawa teman atau guide yang sudah mengerti jalur menuju pantai Kaliempat. Di pantai Kali Empat juga masih banyak binatang buas, pengalaman binatang buas yang penah ditemui antara lain; babi hutan, macam-macam ular, macan kumbang, kalajengking dan yang paling banyak adalah saudara kita monyet hehehe, jadi tetap waspada dan berhati-hatilah dan tetap berperilaku santun, sebab penghuni alam ini bukan hanya manusia apalagi di hutan.

Salam Lestari
Salam mancing

Hormat saya
Si penghobi mancing

Video tentang pertualangan di pantai Kali Empat Nusakambangn

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pantai Kali Empat : Surga kecil di selatan Nusakambangan"

Posting Komentar