Tips mencegah alat pancing dari korosi

Spinning reel saat tidak digunakan untuk memancing
Tips Mencegah Alat Pancing Dari Korosi saat ini cukup banyak dicari. Karena di Indonesia sendiri banyak masyarakat yang hobi memancing. Tapi ada juga cukup banyak material yang dibuat dengan bahan mengandung bahan steel atau anti karat, tapi tetap masih bisa berkorosi atau berkarat jika kita tidak merawatnya dengan benar.

Peralatan pancing sendiri biasa disebut tackle dan termasuk peralatan yang penting untuk memancing. Peralatan tersebut juga menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari angler atau seorang pemancing. Maka dari itulah sebagai sebuah senjata, alat pancing harus selalu dijaga kebersihannya agar bisa tahan lama dan tidak berkurang kinerjanya.

Tips mencegah alat pancing baik Spinning reel maupun joran dari korosi

Langkah Pencegahan Korosi 
Untuk seorang pemula yang baru saja memulai kegiatan memancing, harus tahu tentang peralatan memancing apa saja yang dibutuhkan. Karena mancing juga bukan hobi yang murah dan cukup banyak perlengkapan memancing yang harus disiapkan selain senar dan umpan.
Kita juga harus menyiapkan joran pancing dan peralatan lainnya. Dalam peralatan pancing, angler juga perlu mengetahui cara atau tips untuk mencegah korosi pada alat pancing yang biasa digunakan. Caranya mulai dari:
Cuci kemudian sikat alat pancing dengan sabun
Gunakan rust remover/penghenti karat
Amplas sampai bagian permukaan alat
Beri lem epoxy atau dempul
Tambahkan cat clear


Dalam pemberian rust remover bertujuan untuk mencegah korosi supaya tidak bertambah meluas pada bagian peralatan lainnya. Sedangkan epoxy atau duco digunakan untuk memperhalus bagian permukaan alat pancing.

Karena korosi sendiri terjadi akibat proses oksidasi yang cepat dengan endapan air garam laut. Perlengkapan yang paling sering korosi biasanya pada bagian dasar spool, hal ini karena pemakaian benang saat memancing di laut.

Perawatan rutin spinning reel
Cara Merawat Alat Pancing
Untuk cara merawatnya saat alat memancing selesai digunakan sebaiknya cuci dengan air biasa dan hindari merendam alat di dalam air. Karena jika direndam dapat merusak reel lebih cepat.
Setelah selesai dicuci, jemur alat pancing dengan begitu jika kita tidak bersih dalam membersihkannya dapat terlihat dengan adanya bercak putih yang akan mengkristal. Saat reel sudah dicuci, semprot dengan caran WD 40. Untuk langkah terakhir bersihkan dengan kain yang halus sampai bersih.

Selain itu untuk perawatan pada benang PE, Spool dan Braid kita dapat merendamnya dengan air hangat. Pembersihan dapat dilakukan setelah kita selesai memancing dan mengeluarkan penggulung lain.
Pada bagian spool sebaiknya dicuci sendiri, maka spool akan lebih awet dan lebih leluasa saat membersihkannya.

Cara Merawat Umpan Ikan
Supaya umpan ikan dapat dipakai dengan waktu yang lama, perawatan dan penyimpanan lure wajib dilakukan para pemancing. Dengan begitu kita dapat menggunakan umpan ini secara berulang dan jangka waktu yang masih lama.


Karena ada beberapa type lure yang rusak lebih cepat, kecuali disimpan dan dibersihkan dengan benar. Terutama untuk umpan yang bahannya terbuat dari logam dengan campuran logam lain yang lemah dengan efek galvanisasi dan dapat menyebabkan karat.
Langkah terbaik dengan merendam trace dan semua lure dengan air bersih, bersihkan dengan kain lap dan jangan jemur dibawah sinar matahari secara langsung. Setelah semua kering, semprot dengan CRC bagian lure yang bahannya dari logam. Simpan dan pisah alat-alat baru dengan alat yang sudah lama.

Dengan cara ini maka dapat mencegah kontaminasi dari lure yang sudah lama atau yang sudah digunakan pada alat yang belum pernah digunakan. 

Salam mancing
Hormat saya
Si penghobi mancing

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips mencegah alat pancing dari korosi"

Posting Komentar