Teknik Mancing di Pantai Pasiran

Teknik mancing di pantai pasiran tentunya ada banyak sekali. Yang mana tujuan dari teknik tersebut yaitu untuk melempar umpan sejauh mungkin ke titik spot yang dituju, misalnya surf fishing. Teknik ini sebenarnya hampir sama dengan teknik casting yang biasanya memiliki target berupa ikan GT atau Giant Travelly. Hal ini dikarenakan ikan yang satu ini bisa memburu mangsanya hingga masuk aliran muara sungai dengan cara menutup insangnya. Selain itu ada juga jenis ikan lainnya seperti ikan queen fish atau talang, kuro, dan lain sebagainya. 

Teknik berikutnya yang bisa dugunakan di pasiran yaitu dengan cara ngoyor. Untuk cara yang satu ini memiliki sedikit perbedaan dibandingkan dengan teknik pasiran itu sendiri. Hal ini dikarenakan teknik yang satu ini memiliki target ikan-ikan yang dibawa gelombang air laut ke pinggir. Atau bisa juga untuk menangkap ikan predator yang mencari mangsa ikan-ikan kecil yang terbawa arus muara sungai atau ke pinggir pantai.

Spot mancing pasiran
Dalam memancing dengan teknik pasiran ini biasanya menggunakan beraga jenis umpan seperti ikan keting, irisan cumi, anak ikan gabus, kepiting, hingga irisan gurita. Bisa juga menggunakan umpan cacing atau udang, yang tentunya dengan menggunakan teknik jeblug atau dasaran. Tentunya untuk beragam Teknik mancing di pantai pasiran ini membutuhkan peralatan. 
Alat Yang Digunakan Untuk Memancing Di Pantai Pasiran 


Reel
Alat pertama yang digunakan yaitu reel. Di mana untuk di mincing di pasiran, yang digunakan adalah reel spinning berukuran besar, yaitu sekitar 5000 hingga 10.000 jarak lemparannya agar sempurna. Tentunya akan lebih baik jika menggunakan rel khusus mancing pasiran yang punya ukuran spool lebih panjang dan dangkal. Lalu mekanisme wormshaft system bisa digunakan agar dalam menggulung senar tetap tertata rapi meski dengan jarak lemparannya jauh. 

Mata Kail
Alat yang digunakan salam Teknik mancing di pantai pasiran tentunya juga dengan mata kail. Mata kail yang digunakan jumlahnya bisa beragam, dari tiga hingga lima mata kail agar bisa menyesuaikan dengan spot dan target yang diinginkan oleh pemancing. 

Joran
Alat berikutnya yaitu Joran khusus untuk pasiran dengan desain yang pangkalnya lebih panjang. Hal ini dimaksudkan untuk melontarkan umpan hingga ke titik target yang dituju. Untuk model joran yang dipilih bisa dengan section atau yang teleskopik yang tentunya kembali ke selera, walau secara ideal, untuk ukuran panjang joran pada teknik ini sekitar 350 hingga 450 cm dengan tipe medium dan medium-fast. Hal ini dimaksudkan untuk menyesuaikan dengan kondisi air yang bergelombang saat menarik ikan. 

Spot mancing pasiran di pantai Kalikencana Nusakambangan
Senar dan Timah
Alat berikutnya yang digunakan yaitu senar dan timah. Untuk senar, akan lebih baik jika memilih multifilament atau PE karena hasil lemparan yang dihasilkan akan menjadi lemparan terbaik asalkan panjang senar di atas 200 meter dan juga memiliki diameter 0,28-0,40 mm. agar senar tidak mudah putus, bisa ditambahkan dengan menggunakan leader. 


Sedangkan untuk timah pemberat, penggunaanya disesuaikan dengan ketinggian gelombang. Tentunya semakin besar gelombang maka timah yang digunakan pun juga semakin besar dan agar lebih maksimal bida memilih timah pemberat yang bentuknya lonjong.
Selain alat-alat di atas, tentunya masih ada beberapa Teknik mancing di pantai pasiran yang perlu diketahui. Misalnya teknik pertama yaitu Overhand. Untuk posisi yang satu ini maka joran harus parallel dengan tanah dan sikut. Lalu kedua tangan memegang dan mengangkatnya hingga beberapa derajat ke belakang. 

Teknik berikutnya yaitu Side arm di mana Joran dipegang dengan kedua tangan. Serta joran berada di samping kanan atau ika kidal bisa juga di samping kiri yang mana mengayunkan joran ke depan sekuat mungkin sehingga bisa mendaratkan umpan tepat ke titik yang diinginkan. Selain itu masih banyak Teknik mancing di pantai pasiran lainnya seperti berlari, surf fishing, dan lainnya.  

Salam mancing
Hormat saya
Si penghobi mancing

Video mancing casting di pasiran / landbase casting




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknik Mancing di Pantai Pasiran"

Posting Komentar