Merakit kompresor dari kulkas dan tabung elpiji, ternyata hasilnya lebih senyap dari kompresor oilless pabrikan

Kompresor/compresor untuk ngecat airbrush mempunyai harga yang lumayan mahal, kalaupun ada yang ukuran mini dengan harga yang murah, tapi hasilnya kurang memuaskan dan tabungnya pun kurang besar, jadi angin sering tekor.

Kali ini saya akan berbagi cara atau tutorial membuat atau merakit kompresor angin dengan bahan bekas  dari kompresor kulkas/freezer dan menggunakan tabung elpiji (LPG), tentu kompresor yang saya buat harganya cukup murah dan ramah di kantong. Yang terpenting adalah suaranya yang sangat sangat senyap lebih senyap dari kompresor oilless atau silent compresor pabrikan, sehingga kita bisa tetap bekerja meski malam hari.

Skema rakitan kompresor dari kulkas dan tabung elpiji
Pembuatan kompresor rakitan sendiri kurang lebih menghabisakan biaya RP.428.000, tentu bisa lebih mahal dan juga lebih murah, tergantung kita mendapatkan harga bahan dan jenis-jenis partnya.

Saya membuat kompresor dari kulkas dan elpiji ini karena terinspirasi dari beberapa video di youtube, kemudian saya membeli bahan-bahannya di pengepul rongsok dan sebagiannya membeli secara online serta memanfaatkan promo maupun kupon gratis ongkir di toko marketplace Indonesia.

Kompresor ini rencananya saya gunakan untuk mengecat airbrush beberapa umpan pancing palsu saya / lure yang sudah rusak seperti minnow, metal jig, popper, metal spoon dan lain-lain. Karena hobi saya mancing tentu akan sangat bermanfaat untuk repaint yang berkaitan dengan umpan pancing palsu.

Semoga blog saya bisa menjadi panduan tutorial/referensi anda yang akan membangun kompresor angin sendiri dengan budget yang minim/murah.

Bahan-bahan untuk membuat kompresor rakitan
Bahan-bahan untuk membuat kompresor dan perkiraan harganya:
1.   Tabung gas LPG ukuran dan jenis terserah anda - RP.50.000 *)
Bisa menggunakan tabung gas melon 3kg, tabung gas 12kg atau tabung freon AC. Tapi saya menggunakan tabung gas produk dari blue gaz ukuran 5,5 kg, menurut yang saya baca blue gaz ini tahan hingga tekanan 31 bar atau 449 psi, sedang untuk tabung gas melon 3.5kg dan gas biru 12kg tekanan maksimumnya 24 bar atau 348 psi. Tapi baik tabung gas melon/biru sudah cukup aman, untuk kebutuhan mengecat air brush, sebab kita hanya butuh tekanan angin tidak sampai 8 bar.
Catatan : Saya membeli tabung blue gaz ke temen saya, karena isi ulang jenis gas ini sudah mulai susah di pasaran, jadi tabungnya di jual rongsok ke saya. Untuk tabung melon/biru biasanya harganya tetap normal)
(Bisa beli di pengepul rongsok)

2.  Mesin kompresor bekas dari kulkas/freezer - RP.100.000 *)
Bisa beli di pengepul rongsok, jika tabung angin kita besar lebih baik menggunakan kompresor dari freezer, karena bila menggunakan dari kompresor kulkas biasanya tabung sering tekor anginnya, apalagi jika kita mengecatnya tanpa jeda.
(Bisa beli di pengepul rongsok)

3.  Saklar otomatis kompresor/automatic pressure switch compressor - RP.50.000
Alat ini bekerja / off pada tekanan 8 bar - dan on pada 6 bar (standar pabrik).
Bisa memilih dengan 4 lobang atau 1 lobang. Jika ingin simpel bisa memilih yang 1 lobang.
(toko online)

4.  Sock pipa galvanis ukuran 1/2 inch 2 buah - RP.14.000
Bisa juga menggunakan sock berbahan kuningan/stainless tentu harganya akan lebih mahal
(toko online/toko matrial)

5.  Nepel one way / cek valve kompresor - RP.50.000
Alat ini membuat udara yang di hasilkan dari mesin kompresor kemudian masuk ke tabung (tabung gas) tidak bisa kembali lagi ke mesin kompresor, jadi mesin kompresor bekerjanya lebih ringan. Umumnya nepel ini terdapat 3 cabang saluran drat 1/2, 3/8, 1/8 inch. Untuk lubang ukuran 1/8 inch saya tutup pakai baut, sebab saya tidak akan memanfaatkan jalur ini.
(toko online/toko matrial)

6.  Nepel selang drat dalam / female 3/8 inch - RP.10.000
Gunanya untuk jalur angin dari mesin kompresor kulkas masuk nepel one way kemudian ke tabung.
(toko online/toko matrial)

7.  Reducer/adaptor double neple kuningan dari ukuran 1/2 inch ke 1/4 inch - RP.15.000
Adaptor double neple pipa ini umumnya berbahan kuningan, pilihlah yang pakai drat luar (male) dari ukuran 1/2 inch ke 1/4 inch
(toko online/toko matrial)

8.  Selang kompresor 1/2 meter - RP.5000
Ukuran di sesuaikan dengan lobang nepel selang nomor (7), jika punya dana lebih bisa menggunakan pipa tembaga yang sudah siap pakai.
(toko online/toko matrial)

9.  Kran angin ukuran 1/4 inch - RP.10.000
(toko online/toko matrial)

10. Savety valve 1/4 inch - RP.15.000 (Bisa pakai bisa tidak)
Alat ini bekerja saat switch otomatis saklar tidak bekerja/macet, saat tekanan tabung mencapai 10 bar safety valve ini akan otomatis membuang angin dalam tabung kompresor. Jadi kompresor akan aman dari ledadakan.
(toko online/toko matrial)

11. Pressure Gauge Manometer - RP.35.000 (Bisa pakai bisa tidak)
Jika punya dana lebih disarankan beli yang bagus, demi keakuratan pengukuran tekanan
(toko online/toko matrial)

12. Klem stainless 2 buah - RP.4000
(toko online/toko matrial)

13. Besi plat untuk dudukan / kaki kurang lebih 1 meter - RP.10.000
Dudukan dibentuk sesuai dengan kreasi sendiri, saya membentuknya sendiri untuk meminimalisir biaya pengeluaran waktu mengelas.
(Bisa beli di pengepul rongsok/tukang las)

14. Roda troli / trolley 2/3 inch 2 buah - RP.30.000 (Bisa pakai bisa tidak)
15. Ongkos las - RP.30.000 *)
Jumlah total biaya yang di keluarkan : RP.428.000

Biaya yang tidak saya keluarkan karena sudah punya/pakai bekasan :
Baut ukuran 12, 4 buah - punya sendiri
Baut ukuran 16, 1 buah untuk lobang pembuangan air - punya sendiri
Seal tape
Kabel dan jack

*) Dari total biaya pengeluaran membuat atau merakit kompresor sendiri, yang sangat mempengaruhi sedikit dan banyaknya biaya pengeluarannya adalah ada pada 3 item :
1. Tabung gas
2. Mesin kompresor bekas
3. Ongkos pengelasan.
Jika anda bisa menekan 3 item itu maka pengeluaran akan semakin sedikit dan sebaliknya, untuk harga part lain semua saya kira harganya standar saja kalaupun ada selisih harga ya ngga terlalu jauh.

Berikut gambar panduan atau tutorial singkat pembuatan kompresor kulkas sendiri
Gambar langkah singkat merakit kompresor
Keterangan gambar
  1. Eksekusi tabung dengan gerinda untuk membuang bagian kaki dan pegangan tabung. Tetapi bisa juga andan tidak membuang bagian ini. tergantung selera anda.
  2. Buat 3 lubang dengan cara di bor. 3 lobang itu adalah untuk lobang saklar/switch otomatis, lobang nepel one way dan lobang pembuangan yang berada di bagian bawah tabung.
  3. Setelah tabung di lobangi, rendam tabung di dalam air sampai benar-benar tabung tesisi penuh oleh air untuk membuang sisa-sisa gas yang ada.
  4. Tabung tampak depan setelah di las.
  5. Tabung tampak belakang setelah di las.
  6. Kompresor setelah di rakit tampak dari depan.
  7. Kompresor setelah di rakit tampak belakang
Demikian semoga membantu.
Atau lebih jelasnya lihat video cara membuat kompresor dari kulkas dan tabung elpiji berikut ini :

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Merakit kompresor dari kulkas dan tabung elpiji, ternyata hasilnya lebih senyap dari kompresor oilless pabrikan"

  1. Terima Kasih sudah berbagi dan inspirasinya...terus berkarya, Mas

    BalasHapus