Cara Mancing Ikan Munjaer Umpan Lumut Dengan Pelampung

Kegiatan memancing memang sudah ada sejak zaman purba kala, termasuk di antaranya yaitu memancing ikan munjaer. Untuk mendapatkan ikan yang satu ini ada beberapa jenis umpun yang bisa digunakan. Salah satunya yaitu Cara mancing ikan munjaer umpan lumut dengan pelampung. Cara ini cukup unik karena berbeda dari yang lainnya.
Mancing munjaer di tengah rawa menggunakan perahu dayung
Perlu diketahui bahwa lumut memang sangat digemari oleh ikan munjaer. Caranya pun sangat mudah yaitu dengan menyediakan lumut secukupnya dan mencampurnya dengan air dan vanili agar lumut lebih menggoda ikan mujar sehingga mau tersangkut. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut.
Namun sebelum membahas umpan lumut untuk menangkap munjaer, ada beberapa tips dan trik memancing yang harus dilakukan terlebih dahulu. Yang pertama tentunya menentukan peralatan pancing yang dugunakan, lalu mencari tahu kebiasaan makan ikan dalam hal ini tentunya ikan munjaer yang mana omnivora alias pemakan segalanya.

Baca : Teknik Mancing di Pantai Pasiran

Selain itu tentunya peting juga untuk memilih lokasi yang tepat, misalnya untuk ikan munjaer maka mencarinya seharusnya di rawa-rawa, sungai, waduk, dan lainnya. Tidak lupa juga mencari waktu yang tepat sesuai dengan am ikan mencari makan dan memasang mata pancing dan senar dengan benar-benar teliti sehingga mata pancingnya tidak terlepas saat mendapat sambaran dari ikan tersebut. Dan tentunya yang terakhir yaitu persiapan umpan, di maka kali ini akan dibahas mengenai uman lumut.

Memancing Ikan Munjaer dengan Menggunakan Lumut 
Apa Itu Umpan lumut?
Umpan Lumut merupakan salah satu cara memancing ikan munjaer. Untuk mendapatkan jenis umpan ini bisa langsung mencarinya di sawah atau di sungai yang tenang. Walau jika tidak ingin repot bisa dengan mencari umpan lumut ini dalam bentuk kalengan yang bisa dibeli di tempat penjual pakan.
Cara mancing ikan munjaer umpan lumut dengan pelampung sedikit berbeda dari teknik yang memakai jenis umpan lain. Untuk lumut biasanya menggunakan benang nilon dan diberi setidaknya tiga mata pancing dengan panjang tali yang berbeda-beda. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya lilitan pancing yang pastinya akan sangat mengganggu jika terjadi.

Essence Vanili 
Cara mancing ikan munjaer umpan lumut dengan pelampung yang berikutnya yaitu dengan menambahkan lumut dengan essence vanili atau coco pandan. Hal ini tentunya dilakukan setelah mencampurkan essence tersebut ke dalam air terlebih dahulu. Setelah itu lumut juga dicampurkan dengan tujuan agar ikan munjaer menjadi lebih tertarik terhadap aroma lumut tersebut.
Tentunya dalam mengaduk lumut yang sudah dicampur dengan air vanili atau coco pandan dalam ember ini harus dilakukan secara perlahan agar teksturnya tidak rusak. Selain itu juga sebaiknya lumut dihindarkan dari matahari langsung, karena bisa merusak lumut tersebut dan baunya menjadi tidak enak lagi. Banyak pemancing profesional yang sudah membuktikan keampuhan cara ini.
Hasil mancing munjaer di rawa menggunakan umpan lumut
Menyiapkan Joran dan Apungan
Tentunya untuk menggunakan lumut perlu disiapkan juga joran atau disebut juga walesan bagi orang jawa. Untuk hasil yang lebih baik, sebaiknya setiap orang menggunakan lebih dari satu joran. Dan untuk setiap joran yang digunakan sebaiknya memiliki panjang 4 hingga 5 meter.
Lalu untuk Cara mancing ikan munjaer umpan lumut dengan pelampung pastinya membutuhkan apungan atau pelampung. Untuk ukurannya sebaiknya menggunakan apungan dengan ukuran sedang, karet stopper, timbel atau pemberat dan mata pancing.

Baca : Teknik Mancing di laut karang dangkal umpan udang

Demikian beberapa Cara mancing ikan munjaer umpan lumut dengan pelampung yang perlu diketahui. Jangan lupa untuk memilih lokasi yang tepat misalnya tempat yang banyak tumbuh seperti enceng gondok serta memiliki air yang tenang. Hal ini dikarenakan enceng gondok menyukai tempat semacam itu. Tak lupa jangan memilih tempat yang airnya terlalu jernih maupun terlalu keruh.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mancing Ikan Munjaer Umpan Lumut Dengan Pelampung"

Posting Komentar